Menjelang Pemakaman Presiden Polandia

Warsawa.  Bandara Krakow di Polandia bersiap untuk menyambut para tamu asing yang akan menghadiri upacara pemakaman Presiden Lech Kaczynski. Bandara akan dibuka untuk sementara mulai dari pukul 04.00 pagi hingga pukul 13.00 siang waktu setempat.


Menurut juru bicara Bandara Krakow, Justyna Zajaczkowska, pembukaan bandara ini dilakukan hanya untuk menyambut 30-40 delegasi asing dari negara sahabat yang akan memberikan penghormatan terakhir pada Presiden Lech. Untuk penerbangan komersil, tetap dilakukan penutupan karena ada gangguan abu vulkanis di Islandia.

"Kami bersiap untuk menerima 30-40 tamu asing dari pukul 04.00 pagi hingga pukul 13.00 siang pada hari Minggu," ujarnya kepada AFP, Sabtu (17/4/2010).

Polandia sebelumnya menutup semua jalur penerbangan sejak hari Jumat 16 April kemarin. Belum ada pemberitahuan lebih lanjut, sampai kapan penutupan ini akan diberlakukan. Belum bisa dipastikan delegasi dari negara mana saja yang akan hadir dalam acara pemakaman tersebut. Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama yang disebut-sebut akan hadir juga masih belum terkonfirmasi. Terlebih dengan kondisi debu vulkanis yang semakin kencang.

"Kami tidak bisa memberikan informasi siapa saja yang sudah dipastikan akan datang," kata Justyna menambahkan.
Meski ada gangguan penerbangan, pihak keluarga Presiden Lech tetap meminta upacara pemakaman berlangsung seperti jadwal semula. Sementara, ada juga pemimpin negara lain yang akan menggunakan jalur darat. Mereka adalah Presiden Ceko Vaclav Klaus dan Perdana Menteri Estonia Andrus Ansip.

source  :  vibizdaily



lanjutan blog saya tentang meninggalnya Presiden dan para petinggi Polandia..sebuah bentuk kecil ikut berduka citanya kami warga Indonesia atas kepergian beliau..

No comments: